Strategi Berpromosi Yang Jitu
Promosi
adalah bagian penting dalam memajukan bisnis atau usaha yang sedang kita
jalani. Dengan promosi, outlet atau tempat usaha kita jadi lebih banyak
diketahui pelnggan. Hasilnya, tempat usaha kita akan didatangi banyak pelanggan
dan sudah pasti akan meningkatkan pendapatan kita.
Yang
perlu kita ketahui dari strategi promosi penjualan adalah tujuannya. Peting
sekali bagi kita memahami tujuan usaha kita melakukan strategi promosi
penjualan sebelum membuat dan melaksanakan strategi promosi penjualan tersebut.
Ada
tujuh tujuan utama strategi promosi penjualan produk yang kita ketahui .
semaunya bertujuan untuk memberikan penawaran menarik kepada pelanggan.
1. Meningkatkan volume
Strategi promosi penjualan sangat
bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan tujuan jangka pendek bisnis kita. Bisa
dilakukan untuk menghabiskan stok lama, mengurangi stok yang ada di tingkat
pengecer. Misalnya dengan dikemas dalam bentuk “Cuci gudang” . tentu akan banyak pembeli yang datrang dalam masa
promosi ini. Strategi promosi penjual;an ini dapat menggiring orang jadi
pelanggan setia.
2. Meningkatkan pembeli coba-coba
Strategi promosi penjualana juga bisa
membuat pembeli potensial datang untuk menggunakan produk atau jasa kita.
Pembeli potensial adalah orang yang nggak pernah menggunakan produk atau jasa
sejenis dari pesaing kita. Mereka nggak akan pernah menggunakan atau membeli
produk kita dalam jumlah sebelum tau bahwa mereka menyukai prosuk atau jasa
kita. Strategi penjualannya bisa dilakukan dengan cara :
Memberika sampel gratis atau kupon
untuk mencoba sehinggal calon pembeli kita dapat mencoba produk atau jasa kita.
Memberikan manfaat tambahan sehingga produk produk atau jasa kita tampak
superior dibandingkan produk sejenis.
3. Meningkatkan Pembelian Ulang
Strategi promosi penjualan dengan cara
promosi pembelian kembali bisa digunakan untuk meningkatkan pembelian tetap
atau pembelian dalam jumlah besar. Kita bisa gunakan cara-cara efektif seperti
: Kupon didalam produk yang berisi pototngan harga bagi pembelian selanjutnya.
Menggunakan cara :”beli tiga gratis satu”.
Atau menggunakan cara “10 kupon gratis
satu”.
4. Meningkatkan Loyalitas
Promosi loyalitas berbeda dengan
strategi penjualan seperti pemberian diskon langsung. Promosi loyalitas lebih
ke memberikan daya tarik berupa manfaat jangka panjang dari konsumen. Contohnya
adalah anda memberikan sebuah kupon berisi manfaat tertentu. Bagi siapa saja
yang mendapatkan kupon tersebut berhak menjadi anggota klub yang didalamnya
berisi fasilitas-fasilitas yang anda berikan secara khusus.
5. Memperluas Kegunaan
Pada saat kegunaan awal sebuah produk
atau jasa mulai menghilang, kita harus segera memperluas kegunaan produk atau
jasa kita,. Misalanya , dengan sistem pesan antar. Bila ada pelanggan yang pean
, bia langsung diantar ke rumahnya atau tempat dia berada.
6. Menciptakan Keterttarikan
Kita harus puya cara agar pelanggan
tetap datang ke outlet kita. Misalnya dengan mengubah atau mengganti tampilan
cat outlet setiap tahun. Dengan begitu pelanggan nggak akan bosen datang ke
outlet kita.
7. Menciptakan kesadaran
Beberapa strategi promosi produk
sangat efektif untuk membuat orang menyadari akan suatu produk. Kalau kita
punya, gunakan tim penjualan untuk mempromosikan produk atau jasa anda. Dengan
begitu , makin banyak peluang penjualan yang di dapat.
Semoga bermanfaat ,,,,semoga usaha nya
semakin maju dan berkembang,,,,,
Dari berbagai :SUMBER
sangat bermanfaat gan :)