Strategi Berpromosi Yang Jitu


Promosi adalah bagian penting dalam memajukan bisnis atau usaha yang sedang kita jalani. Dengan promosi, outlet atau tempat usaha kita jadi lebih banyak diketahui pelnggan. Hasilnya, tempat usaha kita akan didatangi banyak pelanggan dan sudah pasti akan meningkatkan pendapatan kita.
Yang perlu kita ketahui dari strategi promosi penjualan adalah tujuannya. Peting sekali bagi kita memahami tujuan usaha kita melakukan strategi promosi penjualan sebelum membuat dan melaksanakan strategi promosi penjualan tersebut.
Ada tujuh tujuan utama strategi promosi penjualan produk yang kita ketahui . semaunya bertujuan untuk memberikan penawaran menarik kepada pelanggan.
1.   Meningkatkan volume
Strategi promosi penjualan sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan tujuan jangka pendek bisnis kita. Bisa dilakukan untuk menghabiskan stok lama, mengurangi stok yang ada di tingkat pengecer. Misalnya dengan dikemas dalam bentuk “Cuci gudang” . tentu akan banyak pembeli yang datrang dalam masa promosi ini. Strategi promosi penjual;an ini dapat menggiring orang jadi pelanggan setia.

2.   Meningkatkan pembeli coba-coba
Strategi promosi penjualana juga bisa membuat pembeli potensial datang untuk menggunakan produk atau jasa kita. Pembeli potensial adalah orang yang nggak pernah menggunakan produk atau jasa sejenis dari pesaing kita. Mereka nggak akan pernah menggunakan atau membeli produk kita dalam jumlah sebelum tau bahwa mereka menyukai prosuk atau jasa kita. Strategi penjualannya bisa dilakukan dengan cara :
Memberika sampel gratis atau kupon untuk mencoba sehinggal calon pembeli kita dapat mencoba produk atau jasa kita. Memberikan manfaat tambahan sehingga produk produk atau jasa kita tampak superior dibandingkan produk sejenis.
3.   Meningkatkan Pembelian Ulang

Strategi promosi penjualan dengan cara promosi pembelian kembali bisa digunakan untuk meningkatkan pembelian tetap atau pembelian dalam jumlah besar. Kita bisa gunakan cara-cara efektif seperti : Kupon didalam produk yang berisi pototngan harga bagi pembelian selanjutnya. Menggunakan cara :”beli tiga gratis satu”.
Atau menggunakan cara “10 kupon gratis satu”.

4.   Meningkatkan Loyalitas

Promosi loyalitas berbeda dengan strategi penjualan seperti pemberian diskon langsung. Promosi loyalitas lebih ke memberikan daya tarik berupa manfaat jangka panjang dari konsumen. Contohnya adalah anda memberikan sebuah kupon berisi manfaat tertentu. Bagi siapa saja yang mendapatkan kupon tersebut berhak menjadi anggota klub yang didalamnya berisi fasilitas-fasilitas yang anda berikan secara khusus.
5.   Memperluas Kegunaan

Pada saat kegunaan awal sebuah produk atau jasa mulai menghilang, kita harus segera memperluas kegunaan produk atau jasa kita,. Misalanya , dengan sistem pesan antar. Bila ada pelanggan yang pean , bia langsung diantar ke rumahnya atau tempat dia berada.

6.   Menciptakan Keterttarikan

Kita harus puya cara agar pelanggan tetap datang ke outlet kita. Misalnya dengan mengubah atau mengganti tampilan cat outlet setiap tahun. Dengan begitu pelanggan nggak akan bosen datang ke outlet kita.

7.   Menciptakan kesadaran

Beberapa strategi promosi produk sangat efektif untuk membuat orang menyadari akan suatu produk. Kalau kita punya, gunakan tim penjualan untuk mempromosikan produk atau jasa anda. Dengan begitu , makin banyak peluang penjualan yang di dapat.


Semoga bermanfaat ,,,,semoga usaha nya semakin maju dan berkembang,,,,,

Dari berbagai :SUMBER

1 Response to "Strategi Berpromosi Yang Jitu"

  1. sangat bermanfaat gan :)

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme