Cara Mengecek Kualitas Harddisk

Posting lagi deh setelah kemaren berhasil posting tentang cara mempartisi Harddisk menggunakan software, kali ini Kencf akan berbagi tentang cara mengecek harddisk apakah kinerjanya masih bagus atau kinerjanya sudah berkurang?? Hati-hati lho jika anda membeli laptop atau komputer sebaiknya cek dulu kinerja harddisk masih bagus apa udah rusak,,,caranya giman ya?? Ayo deh kita simak bersama.....langsung ke TKP
Analisa :
Ciri–ciri
kinerja harddisk sudah tidak stabil adalah biasanya windows berjalan lambat bahkan sangat lambat, walaupun spesifikasi mainboard, processor dan ram cukup memadai. Dan mungkin ketika kita menginstal windows dan baru sekitar 1 minggu atau bahkan kurang windowsnya rusak lagi (eror) ada kemungkinan harddisk mau rusak atau bahkan sudah mengalami kerusakan yang cukup parah.
Berikut cara mengecek harddisk tersebut :
  1. Download program HDD Sentinel. Kebetulan ini yang versi DOS, karena lebih cepat prosesnya dan bisa untuk cek harddisk SATA. File hasil download berbentuk iso, jadi anda bisa langsung burning file tersebut ke CD.atau ke flasddisk pake (multiboot).
    download Program disini
  2. Setelah file yang tadi sudah terdownload kemudian di extrak dan file isonya udah di burning ke CD, masukan CD ke CDROOM.




  1. Restart komputer lalu trkan F2 masuk ke BIOS kemudian seting agar booting CDROOM ada diurutan pertama kemudian simpan F10.
 Kemudian komputer akan lansung booting dan hasil akan terlihat seperti pada gambar :

5. Jika di layar menunjukan Health : kalau angkanya di bawah 100%, biasanya harddisk sudah mengalami masalah (mau rusak) dan biasanya windows sudah tidak stabil atau  lambat. Jadi anda dapat menyarankan ke konsumen atau diri anda sendiri, untuk segera membackup data dalam harddisk tersebut, karena harddisk sudah rawan rusak dan data bisa hilang. Dan sebisa mungkin harddisk segera diganti dengan yg OK. Saran dari saya BELI BARU z jangan coba-coba di servis sendiri hehehe...

6. Perf : adalah kondisi file simpanan di harddisk tersebut, jadi bukan kondisi fisiknya.
7.  Power On : menunjukkan berapa lama harddisk itu sudah digunakan. 
8. Temp : menunjukkan suhu harddisk.

Program yang bernama lengkap hdd sentinel ini dilengkapi juga dengan indikator warna :

Hijau : kondisi bagus.
Kuning : kondisi waspada / kurang bagus.
Merah : kondisi rusak

Demikian cara cek harddisk secara cepat dan akurat, semoga bermanfaat.
.....!!!
Sumber : ekohasan.blogspot.com

0 Response to "Cara Mengecek Kualitas Harddisk"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme