9 tips Mengatsi Stres di tempat Kerja
Stess
adalah keadaan jiwa yang kurang nyaman. Gejala-gejala stres mencakup mental,
sosial dan fisik . Coba Anda ingat-ingat
kembali berapa banyak orang yang anda jumpai mengatakan bahwa mereka sedang
mengalami stress atau mungkin anda sendiri sedang mengalaminya??? Stress bukan suatu penyakit, tapi jika Anda tidak
dapat mengatasinya dalam waktu tertentu , Anda akan mengalami banayak masalah.
Banyak
faktor pemicu timbulnya stres. Ada beberapa hal utama yang dapat menyebabakan stes di tempat kerja.
seperti : Kondisi kerja yang selalu ada dalam tekanan , ketidak jelasan tugas
yang di berikan, permintaan barang yang sangat tinggi, kurang nya perencanaan
kerja , Adanya ancaman dari kalangan karyawan , teriakan dan makian dari para
konsumen , teman kerja yang selalu mengganggu , ketidaknyamanan fisik , seperti
suara mesin yang ribut, ventilasi yang kurang, dan yang paling buruk, nggak
adanya perbaikan untuk mengatasi masalah-masalah diatas.
Hal-hal ini dapat menimbulkan gangguan
kesehatan fisik dan mental seperti : depresi ,gelisah,gugup,nggak dapat fokus
dalam waktu yang lama dan keletihan yang berkepanjangan . jika ada hal-hal
diatas yang Anda rasakan , sepertinya Anda perlu segera merubah aktivitas Anda
sehari-hari , baik di tempat kerja maupun du hidup Anda sendiri secara
keseluruhan.
1. Rencanakan dengan baik aktivitas anda
: apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap
tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka
panjang tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, rencana harian).
2. Pastinya anda di masa lalu pernah
mengalami masalah-masalah di tempat kerja. Coba ingat-ingat kembali adakah
cara-cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah yang anda hadapi saat
ini.
3. Ikutlah membangun iklim kerja yang
menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama
rekan kerja.
4. astikan anda mengerti terhadap tugas
dan tanggung jawab anda, serta jangan ragu untuk bertanya.
5. Lakukan beberapa kali break untuk
beberapa menit selama anda bekerja. Santai dan jangan melakukan apapun. Ambil
nafas dalam-dalam.
6. Miliki sikap toleransi kepada sesama
rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang adalah pribadi yang unik,
sebagai contoh : beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan
sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan
pekerjaannya.
7. Delegasikan sebagian tanggung jawab
anda kepada anak buah anda.
8. Pertahankan semangat tim anda,
misalnya dengan melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi
bersama.
9. Sediakan lingkungan kerja yang baik.
Minimalkan gangguan-gangguan seperti suara, ventilasi, cahaya dan suhu.
Dari
berbagai sumber.
0 Response to "9 tips Mengatsi Stres di tempat Kerja"
Posting Komentar