9 tips Mengatsi Stres di tempat Kerja


Stess adalah keadaan jiwa yang kurang nyaman. Gejala-gejala stres mencakup mental, sosial dan fisik .  Coba Anda ingat-ingat kembali berapa banyak orang yang anda jumpai mengatakan bahwa mereka sedang mengalami stress atau mungkin anda sendiri sedang mengalaminya??? Stress  bukan suatu penyakit, tapi jika Anda tidak dapat mengatasinya dalam waktu tertentu , Anda akan mengalami banayak masalah.
Banyak faktor pemicu timbulnya stres. Ada beberapa hal utama  yang dapat menyebabakan stes di tempat kerja. seperti : Kondisi kerja yang selalu ada dalam tekanan , ketidak jelasan tugas yang di berikan, permintaan barang yang sangat tinggi, kurang nya perencanaan kerja , Adanya ancaman dari kalangan karyawan , teriakan dan makian dari para konsumen , teman kerja yang selalu mengganggu , ketidaknyamanan fisik , seperti suara mesin yang ribut, ventilasi yang kurang, dan yang paling buruk, nggak adanya perbaikan untuk mengatasi masalah-masalah diatas.
     Hal-hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan fisik dan mental seperti : depresi ,gelisah,gugup,nggak dapat fokus dalam waktu yang lama dan keletihan yang berkepanjangan . jika ada hal-hal diatas yang Anda rasakan , sepertinya Anda perlu segera merubah aktivitas Anda sehari-hari , baik di tempat kerja maupun du hidup Anda sendiri secara keseluruhan.
     Berikut sembilan tips mengatasi stress di tempat kerja :
1.   Rencanakan dengan baik aktivitas anda : apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugas. Penting sekali untuk membuat perencanaan bukan hanya jangka panjang tapi juga jangka pendek (rencana bulanan, rencana harian).
2.   Pastinya anda di masa lalu pernah mengalami masalah-masalah di tempat kerja. Coba ingat-ingat kembali adakah cara-cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah yang anda hadapi saat ini.
3.   Ikutlah membangun iklim kerja yang menyenangkan, yaitu dengan bersikap terbuka dan berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.
4.   astikan anda mengerti terhadap tugas dan tanggung jawab anda, serta jangan ragu untuk bertanya.
5.   Lakukan beberapa kali break untuk beberapa menit selama anda bekerja. Santai dan jangan melakukan apapun. Ambil nafas dalam-dalam.
6.   Miliki sikap toleransi kepada sesama rekan kerja. Ingatlah bahwa masing-masing orang adalah pribadi yang unik, sebagai contoh : beberapa orang justru berprestasi lebih baik di bawah tekanan sementara sebagian yang lain membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan pekerjaannya.
7.   Delegasikan sebagian tanggung jawab anda kepada anak buah anda.
8.   Pertahankan semangat tim anda, misalnya dengan melakukan perayaan-perayaan kecil, berolahraga atau berekreasi bersama.
9.   Sediakan lingkungan kerja yang baik. Minimalkan gangguan-gangguan seperti suara, ventilasi, cahaya dan suhu.

Dari berbagai sumber.

0 Response to "9 tips Mengatsi Stres di tempat Kerja"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme