Klasifikasi Software

1.   Fungsi software

A.   System software
Berperan sebagai perantara antara computer hardware dan application software. System software menyediakan fungsi-fungsi untuk mengatur dan mengontrol system computer. Salah satu jenis system software yang populer adalah operating system. Adapun software yang ditanam ke dalam chip atau microprocessor sehingga menjadi bagian dari hardware disebut firmware.

B.   Application Software
Adalah program komputer yang menjalankan fungsi-fungsi tertentu yang dibutuhkan pengguna. Fungsionalitas tersebut sangat bervariasi, seperti word processing, spreadsheet, atau database. Application program adalah software yang dibuat untuk memenuhi suatu kebutuhan yang lebih spesifik.


2.   Layanan / Service dari Operating System

A.   Pembuatan Program
Sistem operasi menyediakan berbagai fasilitas yang membantu programer dalam membuat program seperti editor. Walaupun bukan bagian dari sistem operasi, tapi layanan ini diakses melalui sistem operasi. 

B.   Eksekusi Program
Sistem harus bisa me-load program ke memori, dan menjalankan program tersebut. Program harus bisa menghentikan pengeksekusiannya baik secara normal maupun tidak (ada error).

C.  Operasi I/O
Program yang sedang dijalankan kadang kala membutuhkan I/O. Untuk efisiensi dan keamanan, pengguna biasanya tidak bisa mengatur peranti I/O secara langsung, untuk itulah sistem operasi harus menyediakan mekanisme dalam melakukan operasi I/O. 

D.  Manipulasi Sistem Berkas
Program harus membaca dan menulis berkas, dan kadang kala juga harus membuat dan menghapus berkas. 

E.   Komunikasi
Kadang kala sebuah proses memerlukan informasi dari proses yang lain. Ada dua cara umum dimana komunikasi dapat dilakukan. Komunikasi dapat terjadi antara proses dalam satu komputer, atau antara proses yang berada dalam komputer yang berbeda, tetapi dihubungkan oleh jaringan komputer. Komunikasi dapat dilakukan dengan pembagian memori(penggunaan bersama, share-memory)atau message-passsing, dimana sejumlah informasi dipindahkan antara proses oleh sistem operasi. 

F.   Deteksi Error
Sistem operasi harus selalu waspada terhadap kemungkinan error. Error dapat terjadi di CPU dan memori perangkat keras, I/O, dan di dalam program yang dijalankan pengguna. Untuk setiap jenis error sistem operasi harus bisa mengambil langkah yang tepat untuk mempertahankan jalannya proses komputasi.
Disamping pelayanan diatas, sistem operasi juga menyediakan layanan lain. Layanan ini bukan untuk membantu pengguna tapi lebih pada mempertahankan efisiensi sistem itu sendiri. Layanan tambahan itu yaitu : 

a)   Alokasi Sumber Daya
Ketika beberapa pengguna menggunakan sistem atau beberapa program dijalankan secara bersamaan, sumber daya harus dialokasikan bagi masing-masing pengguna dan program tersebut. 

b)   Accounting
Kita menginginkan agar jumlah pengguna yang menggunakan sumber daya, dan jenis sumber daya yang digunakan selalu terjaga. Untuk itu maka diperlukan suatu perhitungan dan statistik. Perhitungan ini diperlukan bagi seseorang yang ingin merubah konfigurasi sistem untuk meningkatkan pelayanan. 

c)   Proteksi



1 Response to "Klasifikasi Software"

  1. Blog27999 says:

    Okay then...

    This might sound a little weird, and maybe even a little "supernatural"

    HOW would you like it if you could simply push "Play" to LISTEN to a short, "miracle tone"...

    And magically attract MORE MONEY to your life???

    What I'm talking about is BIG MONEY, even MILLIONS of DOLLARS!!!

    Sound too EASY??? Think it couldn't possibly be REAL??

    Well then, I'll be the one to tell you the news..

    Many times the most magical miracles life has to offer are the EASIEST!!!

    In fact, I will PROVE it to you by letting you listen to a real-life "magical money tone" I developed...

    And do it FREE (no strings attached).

    You simply push "Play" and you will start having more money come into your life... starting pretty much right away...

    CLICK here to enjoy the magical "Miracle Money Tone" - it's my gift to you!!!

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme