Karakteristik Teknologi Informasi

1.    Karakteristik dari Informasi yang Baik dan Berkembang
Informasi dapat dikatakan baik dan berkembang  jika memiliki kriteria dan karakteristik sebagai berikut:




a.     Information must be pertinent  (Informasi harus Relevan Dan Berhubungan)
Pernyataan informasi harus relevan dan berhubungan dengan urusan dan masalah yang penting bagi penerima informasi (orang yang membutuhkan informasi tersebut).
b.   Information must be accurate (Informasi Harus Akurat)
Informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak memiliki bias atau menyesatkan. Informasi yang dihasilkan harus mencerminkan maksudnya. Keakuratan informasi seringkali bergantung pada keadaan.
c.   Information must be timely (Informasi Harus Tepat Waktu)
Informasi harus ada ketika dibutuhkan. Informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi karena informasi merupakan landasan di dalam pengambilan keputusan.
d.   Relevan
Informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang yang satu dengan yang lainnya pasti berbeda.

2.   Pengertian Teknologi Informasi
adalah studi, desain, pengembangan, pelaksanaan, dukungan atau manajemen dari Infotech teknologi. Informasi adalah istilah umum yang menggambarkan setiap teknologi yang membantu menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, berkomunikasi atau menyebarkan informasi. Atau bisa di artikan teknologi informasi adalah penggunaan komputer dan perangkat lunak untuk mengelola informasi
 Fungsi IT:

1.   Tangkap yaitu : Kompilasi catatan rinci aktivitas.
2.   Pengolahan yaitu dengan cara : Mengkonversi, menganalisis , menghitung dan mensintesis segala bentuk data dan informasi.
3.   Generasi  yaitu: Mengorganisir informasi ke dalam bentuk yang bermanfaat.
4.   Penyimpanan yaitu: Mempertahankan informasi untuk digunakan lebih lanjut.
5.   Retrieval yaitu : Mencari dan disimpan menyalin data atau informasi untuk pengolahan lebih lanjut atau untuk transmisi ke pengguna lain.
6.   Transmisi  yaitu : Menyebarluaskan informasi melalui komunikasi jaringan .
Data merupakan salah satu hal utama yang dikaji dalam masalah TIK. Penggunaan dan pemanfaatan data sudah mencakup banyak aspek.
Data menggambarkan sebuah representasi fakta yang tersusun secaraterstruktur, dengan kata lain bahwa. Selain deskripsi dari sebuah fakta, data dapat pula merepresentasikan suatu objek sebagaimana dikemukakan oleh Wawan dan Munir  bahwa “Data adalah nilai yang merepresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian (event) “
Dapat juga di artikan secara  sederhana data adalah keterangan tentang sesuatu, berikut beberapa hal yang berkaitan dengan data:

a.    Syarat Data
ü  Obyektif, data sesuai dengan keadaan sebenarnya atau kenyataan.
ü  Relevan, sesuai dengan kepentingan atau tujuan yang diinginkan.
ü  Standard error kecil.
b.   Macam-macam data
1.    Berdasarkan sifatnya
ü  Data kwantitatif, data dalam bentuk angka atau bilangan, Contohnya; 6,4,3,4,7
ü  Data kwalitatif, data bukan dalam bentuk angka, tetapi dalam bentuk pernyataan dan atau kategori, Contohnya: Baik, buruk .
2.   Berdasarkan sumbernya
Ø  Data internal, data yang berasal dari dalam organisasi.
Ø  Data eksternal, data yang berasal dari luar organisasi.
3.    Berdasarkan cara memperoleh
ü  Data primer, data yang diperoleh dari sumber pertama/sumber data, data ini biasanya belum diolah.
ü  Data sekunder, data yang diperoleh dari pihak kedua,data ini biasanya sudah  dalam keadaan diolah
4.   Berdasarkan cakupannya
ü  Data Sensus, diperoleh dari populasi.
ü  Data Sampel, siperoleh dari sampel.
5.   Berdasarkan skala pengukurannya
ü  Nominal
ü  Ordinal
ü  Interval
ü  Rasio
Informasi
Informasi merupakan sesuatu yang dihasilkan dari pengolahan data. Data yang sudah ada dikemas dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi yang berguna. Berikut adalah definisi informasi berdasarkan berbagai sumber.

Informasi merupakan suatu hasil dari pemrosesan data menjadi sesuatu yang bermakna bagi yang menerimanya. Selain merupakan hasil dari pengolahan data, informasi juga menggambarkan sebuah kejadian, “Informasi merupakan hasil dari pengolah an data dalam suatu bentuk yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) dengan lebih berguna dan lebih berarti “.

Knowlwdge atau  pengetahuan yaitu kumpulan dari data dan informasi yang bertemu dengan kompetensi dan pengalaman seseorang untuk menindaklanjuti data dan informasi yang ada sehingga dapat dikembangkan untuk pengambilan suatu keputusan. Tidak seperti informasi yang hanya bersifat memberi tahu, pengetahuan harus mampu digunakan untuk proses pengambilan keputusan.

Sistem Informasi (IS) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan kegiatan-kegiatan orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan. Dalam arti luas , sistem informasi istilah yang sering digunakan untuk merujuk interaksi antara orang-orang, algoritma proses, data dan teknologi . Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada teknologi informasi dan komunikasi (ICT) organisasi menggunakan, tetapi juga dengan cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis  .
Dapat juga di artikan Sistem Informasi merupakan sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.
Computer Based Information System (CBIS) atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS yang akan dibahas pada bagian ini antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan “basis komputer” sebagai kata kuncinya.

Kualitas Informasi
1.    Akurat
Informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya. Informasi harus akurat karena dari sumber informasi sampai ke penerima informasi kemungkinan banyak terjadi gangguan (noise) yang dapat merubah atau merusak informasi tersebut.
a.   Komplit
Informasi harus komplit dan sesuai dengan fakta tidak boleh adanya penambahan atau pengurangan informasi yang menyesatkan orang yang mendapat informasi.
b.   Fleksibel
Informasi harus berkemampuan untuk beradaptasi dan bekerja dengan efektif dalam situasi yang berbeda, dan dengan berbagai individu atau kelompok. Fleksibilitas membutuhkan kemampuan memahami dan menghargai pandangan yang berbeda dan bertentangan mengenai suatu isu, menyesuaikan pendekatannya karena suatu perubahan situasi, dan dapat menerima dengan mudah perubahan dalam organisasinya.
ü  Realible ( keandalan)

Informasi harus diperoleh dari sumber-sumber yang dapat diandalkan kebenarannya. Pengolah data atau pemberi informasi harus dapat menjamin tingkat kepercayaan yang tinggi atas informasi yang disajikannya.
ü  Relevant,
 informasi dan data yang dikumpulkan harus sesuai dengan masalah yang akan di selesaikan.
ü  Timely Tepat waktu (timeliness)
 
     Informasi yang dihasilkan atau dibutuhkan tidak boleh terlambat (usang). Informasi yang usang tidak mempunyai nilai yang baik, sehingga kalau  digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan akan berakibat fata  atau kesalahan dalam keputusan dan tindakan. Kondisi demikian  menyebabkan  mahalnya nilai suatu informasi, sehingga kecepatan untuk mendapatkan,
      Mengolah dan mengirimkannya memerlukan teknologi-teknologi terbaru.
ü  Verifiable (di proteksi)
Informasi yang  di hasilkan tidak  boleh di berikan ke sembarang orang  kita proteksi untuk mencegah dari penyebaran informasi yang salah dan memproteksi dari adanya virus.
ü  Acceseble ( Ketersediaan )
Sudah barang tentu syarat yang mendasar bagi suatu informasi adalah tersedianya informasi itu sendiri. Informasi harus dapat diperoleh (accesible) bagi orang yang memanfaatkannya.

ü  Source (sumber)
Informasi tentu saja harus dari sumber yang dapat di percaya kita menganalisa terlebih dahulu apakah benar atau tidak informasi yang kita dapatkan, sebelum menyebarkan informasi tersebut harus sesuai dengan fakta dan kenyataan.

Dari : Semua sumber (g00gle.com)

0 Response to "Karakteristik Teknologi Informasi"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme