skip to main |
skip to sidebar
Senin, 02 April 2012
23.45
Diposting oleh
Cecep Jamal Koanji
,
0 Comments
Label:
Bisnis
- 1. MEMULAI USAHA BARU
- 2.
Tahapan Dalam Penciptaan Usaha Baru Dan Proses Pertumbuhan Terdapat
LIMA TAHAPAN dalam proses Penciptaan Bisnis Baru PRELIMINARY
MOONLIGHTING PELUNCURAN DAN TES OPERASI: PEMBIAYAAN RONDE PERTAMA
PERTUMBUHAN AWAL: PEMBIAYAAN RONDE KEDUA KONSOLIDASI DAN PERTUMBUHAN :
PEMBIAYAAN RONDE KETIGA DAN BERIKUTNYA MATANG: “GO PUBLIC” ATAU JUAL
- 3.
Tahapan Dalam Penciptaan Usaha Baru Dan Proses Pertumbuhan (2)
PRELIMINARY MOONLIGHTING Formulasi konsep produk pengembangan
protipe dan pengetesan serta merencanakan bagaimana produk harus dibual
dan dijual Identifikasi modal awal untuk meluncurkan usaha baru
Mencari partner yang diperlukan untuk membentuk team yang memadai
dari sisi teknik dan kewirausahaan. PELUNCURAN DAN TES OPERASI Biaya
diperoleh dari tabungan pribadi + dukungan dari keluarga, teman atau
“business angel” Banyak permasalahan dan perangkap: permasalahan
kontruksi pabrik dan operasi awal manufakturing
- 4. Tahapan
Dalam Penciptaan Usaha Baru Dan Proses Pertumbuhan (3) PERTUMBUHAN
AWAL: PEMBIAYAAN TAHAP KEDUA Paling banyak menghabiskan waktu dan tahap
yang membuat frustasi mengindefikasi potensial investor dan
mengamankan dukungan dari investor Bank dan penanam modal kurang
antusias pada tahap ini Resiko dari teknologi baru Kesempatan
mendapatkan investasi adalah berdasarkan : kekuatan dan personalitas
dari penggagas usaha, bisnis plan yang dikirimkan, tingkat
komersialisasi serta kecanggihan teknis dari produk baru
- 5.
Tahapan Dalam Penciptaan Usaha Baru Dan Proses Pertumbuhan (4)
KONSOLIDASI DAN PERTUMBUHAN : PEMBIAYAAN RONDE KETIGA DAN BERIKUTNYA
Konsolidasi dan ekspansi dari line produksi dan pasar perlu biaya
Pemodal lebih menyukai tahapan ini karena memiliki karakteristik
pengembalikan resiko yang diiginkan Kesempatan dan ancaman: usaha
semakin solid dan menghasilkan keuntungan vs perlu standarisasi
prosedur untuk manufakturing dan operasi, team perlu memasukkan
manajemen fungsional dan personil yang spesialis (bahaya yang dihadapi
team : following success with failure)
- 6. Tahapan Dalam
Penciptaan Usaha Baru Dan Proses Pertumbuhan (5) MATANG: “GO PUBLIC”
ATAU JUAL Usaha menikmati pendapatan yang berarti dan menghadapi dua
alternatif pertumbuhan. Go public kas ekstra untuk ekspansi lebih
jauh Menjual perusahaan memperoleh keuntungan yang lebih besar ,
dapat memulai usaha lagi atau menjadi “business angels”
- 7.
Formasi Dari Team Usaha C. Gordon Bell , seorang manager teknologi dan
entrepreneur yang berpengalaman: Tiga faktor yang paling penting
dalam membentuk perusahaan baru : orang,orang dan orang. George Doriot,
bapak dari venture capital institution dan banyak membantu
peluncuran perusahaan berteknologi tinggi, termasuk Digital Equipment
Corporation: Lebih menyukai team grade A dengan ide grade B daripada
team grade B dengan ide grade A Analisis kekuatan dan kelemahan team
menjadi pertimbangan utama
- 8. Formasi Dari Team Usaha (2) Jika
ide bisnis akan diluncurkan sebagai usaha baru maka di sekeliling
team inti harus memasukkan kapabilitas manajemen fungsional minimum
KREATIVITAS TEKNIS DAN ENTREPRENEURSHIP HUKUM/PATEN PEMASARAN
PRODUKSI AKUNTING IKLAN/DISTRIBUSI SUMBER MODAL KEUANGAN
- 9.
Formasi Dari Team Usaha (3) Proses penilaian kelompok tidak hanya
terbatas pada kemampuan teknologi, entrepreneurial dan pertimbangan
manajerial, tetapi yang paling penting adalah aspek perilaku Team
harus kohesif “group marriage” Periode “the moonlighting”
menawarkan kesempatan untuk “saling kenal” aspirasi pribadi tiap
personil harus diidentifikasi dan ditentukan kompatibilitas antar
personil Pada saat memasuki tahap kedua investasi modal pribadi dan
pendapatan reguler bulanan sebagai gaji (perlu dukungan keluarga)
- 10.
Formasi Dari Team Usaha (4) Tim yang kohesif harus dibangun
disekitar konsep iklim organisasi , hubungan antar personil dan
ketrampilan untuk membantu Iklim organisasi harus menekankan dan
menghargai tanggung jawab serta komitmen untuk standar performansi yang
tinggi melalui kerja team. Tergantung pada hubungan antar personil
dan ketrampilan untuk saling membantu diantara anggota team Perlu
dikembangkan ketrampilan menyampaikan masalah, kemampuan mendengar,
ketrampilan untuk berpartisipasi, dan keinginan untuk membantu serta
menerima bantuan
- 11. Formasi Dari Team Usaha (5) Instropeksi
kelompok memungkinkan anggota team untuk mengklarifikasi tujuan
pribadi mereka bergabung: Pada tahun-tahun awal usaha , team hanya
mendapatkan penghargaan status eksternal yang menengah Penemu dan
entrepreuneur : berorientasi pencapaian (achievement oriented) vs
manajer : berorientsi kekuasaan dan status Penemu dan entrepreneur :
aktualisasi diri melalui R &D dan bisnis vs manajer : manifestasi
kesuksesan manajerial. Isu penting lainnya : struktur perhargaan dari
anggota team , termasuk semua pekerja Pertumbuhan dari usaha
diharapkan dapat meningkatkan reward bagi semua pekerja
- 12.
Business Failure? Market saturated and high competition Offer the
product/ services that is not needed by customer Cannot adaptive with
the business environmental changes Lack of expertise and knowledge
- 13.
How to Start The Business? 1. Listing Problems in Market Place
Objective is list and quantify the problem in market place Do not
restrict on particular type of product, service or geographical area
Market Gap approach 2. Identifying Corresponding Business Opportunities
- 14.
How to Start The Business? 2. Identifying Corresponding Business
Opportunities Objective Which business could be done Which one be
profitable Should be avoided at this time Approach Market area
saturation Segmentation
- 15. How to Start The Business? 3.
Determining the needed capability and resources Objective Determine the
way to do the business Approach Self manage Hire specialist Partnership
- 16.
How to Start The Business? 4. Projecting the financial dimension
Objective Addresses the ability to create and maintain customer for
sufficient level of profit Answer 3 questions How much money will it
take to start the business How much return on investment will business
yield? How soon will the business be able to generate a positive cash
flow? Approach Financial projection and analysis
- 17. How to
Start The Business? 5. Ranking the opportunity in term of: Personal
preferences Financial worthiness Perceived risk 6. Selecting the best
business opportunity to pursue
- 18. Business Plan Blue print for
building a successful business A reflection of ability to manage
Identify Who ? Where ? What ? How much ? When ? Why ? How of the
propose business ? Help to get financing for business
- 19. Basic
Component 1. General overview of the business 2. How the business will
create and maintain customer 3. Financial projection that indicate the
level of profit
- 20. Out-Line of Business Plan Executive Summary
Table of Content Overview of the Business Marketing Plan Operation Plan
Financial Performance Supplemental Factor
- 21. Overview of the
Business Identification of market opportunity Growth and financial
objectives for business Legal form of organization and ownership Profile
of management team and organization Market and location of business
Basis for financing the business Time table for establishing the
business
- 22. Marketing Plan Description of the industry
Analysis of potential customer and competitor Profile of target market
and geographic area to be served Marketing mix ( product, price,
promotion and place) Projected sales and market share
- 23.
Operation Plan Operation capacity Operation Technology and Equipment
Material and utilities Operation planning and control
- 24.
Financial Performance Capital Requirements Sources of financing
Projected balance sheet Projected income statement Projected cash flow
Key operating ratio Projected return for owner and investorb
0 Response to "Tips Memulai Usaha Baru"
Posting Komentar