Tips Memulai Usaha Baru

  • 1. MEMULAI USAHA BARU
  • 2. Tahapan Dalam Penciptaan Usaha Baru Dan Proses Pertumbuhan Terdapat LIMA TAHAPAN dalam proses Penciptaan Bisnis Baru PRELIMINARY MOONLIGHTING PELUNCURAN DAN TES OPERASI: PEMBIAYAAN RONDE PERTAMA PERTUMBUHAN AWAL: PEMBIAYAAN RONDE KEDUA KONSOLIDASI DAN PERTUMBUHAN : PEMBIAYAAN RONDE KETIGA DAN BERIKUTNYA MATANG: “GO PUBLIC” ATAU JUAL
  • 3. Tahapan Dalam Penciptaan Usaha Baru Dan Proses Pertumbuhan (2) PRELIMINARY MOONLIGHTING Formulasi konsep produk  pengembangan protipe dan pengetesan serta merencanakan bagaimana produk harus dibual dan dijual Identifikasi modal awal untuk meluncurkan usaha baru Mencari partner yang diperlukan untuk membentuk team yang memadai dari sisi teknik dan kewirausahaan. PELUNCURAN DAN TES OPERASI Biaya diperoleh dari tabungan pribadi + dukungan dari keluarga, teman atau “business angel” Banyak permasalahan dan perangkap: permasalahan kontruksi pabrik dan operasi awal manufakturing
  • 4. Tahapan Dalam Penciptaan Usaha Baru Dan Proses Pertumbuhan (3) PERTUMBUHAN AWAL: PEMBIAYAAN TAHAP KEDUA Paling banyak menghabiskan waktu dan tahap yang membuat frustasi  mengindefikasi potensial investor dan mengamankan dukungan dari investor Bank dan penanam modal kurang antusias pada tahap ini  Resiko dari teknologi baru Kesempatan mendapatkan investasi adalah berdasarkan : kekuatan dan personalitas dari penggagas usaha, bisnis plan yang dikirimkan, tingkat komersialisasi serta kecanggihan teknis dari produk baru
  • 5. Tahapan Dalam Penciptaan Usaha Baru Dan Proses Pertumbuhan (4) KONSOLIDASI DAN PERTUMBUHAN : PEMBIAYAAN RONDE KETIGA DAN BERIKUTNYA Konsolidasi dan ekspansi dari line produksi dan pasar  perlu biaya Pemodal lebih menyukai tahapan ini karena memiliki karakteristik pengembalikan resiko yang diiginkan Kesempatan dan ancaman: usaha semakin solid dan menghasilkan keuntungan vs perlu standarisasi prosedur untuk manufakturing dan operasi, team perlu memasukkan manajemen fungsional dan personil yang spesialis (bahaya yang dihadapi team : following success with failure)
  • 6. Tahapan Dalam Penciptaan Usaha Baru Dan Proses Pertumbuhan (5) MATANG: “GO PUBLIC” ATAU JUAL Usaha menikmati pendapatan yang berarti dan menghadapi dua alternatif pertumbuhan. Go public  kas ekstra untuk ekspansi lebih jauh Menjual perusahaan  memperoleh keuntungan yang lebih besar , dapat memulai usaha lagi atau menjadi “business angels”
  • 7. Formasi Dari Team Usaha C. Gordon Bell , seorang manager teknologi dan entrepreneur yang berpengalaman: Tiga faktor yang paling penting dalam membentuk perusahaan baru : orang,orang dan orang. George Doriot, bapak dari venture capital institution dan banyak membantu peluncuran perusahaan berteknologi tinggi, termasuk Digital Equipment Corporation: Lebih menyukai team grade A dengan ide grade B daripada team grade B dengan ide grade A Analisis kekuatan dan kelemahan team menjadi pertimbangan utama
  • 8. Formasi Dari Team Usaha (2) Jika ide bisnis akan diluncurkan sebagai usaha baru maka di sekeliling team inti harus memasukkan kapabilitas manajemen fungsional minimum KREATIVITAS TEKNIS DAN ENTREPRENEURSHIP HUKUM/PATEN PEMASARAN PRODUKSI AKUNTING IKLAN/DISTRIBUSI SUMBER MODAL KEUANGAN
  • 9. Formasi Dari Team Usaha (3) Proses penilaian kelompok tidak hanya terbatas pada kemampuan teknologi, entrepreneurial dan pertimbangan manajerial, tetapi yang paling penting adalah aspek perilaku Team harus kohesif  “group marriage” Periode “the moonlighting” menawarkan kesempatan untuk “saling kenal”  aspirasi pribadi tiap personil harus diidentifikasi dan ditentukan kompatibilitas antar personil Pada saat memasuki tahap kedua  investasi modal pribadi dan pendapatan reguler bulanan sebagai gaji (perlu dukungan keluarga)
  • 10. Formasi Dari Team Usaha (4) Tim yang kohesif harus dibangun disekitar konsep iklim organisasi , hubungan antar personil dan ketrampilan untuk membantu Iklim organisasi harus menekankan dan menghargai tanggung jawab serta komitmen untuk standar performansi yang tinggi melalui kerja team. Tergantung pada hubungan antar personil dan ketrampilan untuk saling membantu diantara anggota team Perlu dikembangkan ketrampilan menyampaikan masalah, kemampuan mendengar, ketrampilan untuk berpartisipasi, dan keinginan untuk membantu serta menerima bantuan
  • 11. Formasi Dari Team Usaha (5) Instropeksi kelompok memungkinkan anggota team untuk mengklarifikasi tujuan pribadi mereka bergabung: Pada tahun-tahun awal usaha , team hanya mendapatkan penghargaan status eksternal yang menengah Penemu dan entrepreuneur : berorientasi pencapaian (achievement oriented) vs manajer : berorientsi kekuasaan dan status Penemu dan entrepreneur : aktualisasi diri melalui R &D dan bisnis vs manajer : manifestasi kesuksesan manajerial. Isu penting lainnya : struktur perhargaan dari anggota team , termasuk semua pekerja Pertumbuhan dari usaha diharapkan dapat meningkatkan reward bagi semua pekerja
  • 12. Business Failure? Market saturated and high competition Offer the product/ services that is not needed by customer Cannot adaptive with the business environmental changes Lack of expertise and knowledge
  • 13. How to Start The Business? 1. Listing Problems in Market Place Objective is list and quantify the problem in market place Do not restrict on particular type of product, service or geographical area Market Gap approach 2. Identifying Corresponding Business Opportunities
  • 14. How to Start The Business? 2. Identifying Corresponding Business Opportunities Objective Which business could be done Which one be profitable Should be avoided at this time Approach Market area saturation Segmentation
  • 15. How to Start The Business? 3. Determining the needed capability and resources Objective Determine the way to do the business Approach Self manage Hire specialist Partnership
  • 16. How to Start The Business? 4. Projecting the financial dimension Objective Addresses the ability to create and maintain customer for sufficient level of profit Answer 3 questions How much money will it take to start the business How much return on investment will business yield? How soon will the business be able to generate a positive cash flow? Approach Financial projection and analysis
  • 17. How to Start The Business? 5. Ranking the opportunity in term of: Personal preferences Financial worthiness Perceived risk 6. Selecting the best business opportunity to pursue
  • 18. Business Plan Blue print for building a successful business A reflection of ability to manage Identify Who ? Where ? What ? How much ? When ? Why ? How of the propose business ? Help to get financing for business
  • 19. Basic Component 1. General overview of the business 2. How the business will create and maintain customer 3. Financial projection that indicate the level of profit
  • 20. Out-Line of Business Plan Executive Summary Table of Content Overview of the Business Marketing Plan Operation Plan Financial Performance Supplemental Factor
  • 21. Overview of the Business Identification of market opportunity Growth and financial objectives for business Legal form of organization and ownership Profile of management team and organization Market and location of business Basis for financing the business Time table for establishing the business
  • 22. Marketing Plan Description of the industry Analysis of potential customer and competitor Profile of target market and geographic area to be served Marketing mix ( product, price, promotion and place) Projected sales and market share
  • 23. Operation Plan Operation capacity Operation Technology and Equipment Material and utilities Operation planning and control
  • 24. Financial Performance Capital Requirements Sources of financing Projected balance sheet Projected income statement Projected cash flow Key operating ratio Projected return for owner and investorb

0 Response to "Tips Memulai Usaha Baru"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme